kali ini M.art.x | Design akan berbagi makalah tentang Pemgelolaan lingkungan belajar karangan salah satu guru paud an-nur pugung raharjo. dimana tugas ini di susun untuk persyaratan mata kuliah penggolongan lingkungan belajar . semester vii fakultas tarbiah iain raden intan bandar lampung
Kata pengantar
Puji syukur atas kehadirat Alloh SWT
yang telah memberikan kesehatan sehingga kami penulis dapat menyelesaikan
makalah observasi ini
Beriring salam tidak lupa kita
ucapkan kepada nabi kita Muhammad SAW yang telah membawa kita dari yang tidak
tahu menjadi tahu sehingga kita bisa membedakan antara baik dan buruk
Kami penulis mengucapkan banyak
terima kasih kepada semua pihak yang teah membantu menyelesaikan makalah observasi ini
Makalah penggelolaan lingkungan
belajar ini semoga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang tentunya
memiliki nila-nilai kebaikan yang sangat tinggi.
Semoga makalah ini bermanfaat bagi
kita semua, kritik dan saran yang membangun kami harapkan agar makalah ini
lebih sempurna.
Bandar
Lampung,
Penyusun
KELOMPOK I
BAB
I
PENDAHULUAN
Peran
guru sebagai fasilitator dalam pelaksanaan pendidikanusia dini harus mampu
memberikan kemudahan kepada anak untuk mempelajari hal yang terdapat dalam
lingkungannya.
Seperti
kita ketahui bahwa anak usia dini memiliki rasa ingin tahu dan sikap antusias
yang kuat terhadap segala sesuatu serta memiliki sikap berpetualang serta minat
yang kuat untuk mengobservasi lingkungan, ia memiliki sikap petualang yang kuat
pengenalan terhadap lingkungan disekitarnya, merupakan pengalaman yang positif
untuk mengembangkan minat keilmuan anak usia dini, dalam penyediaan lingkungan
belajar serta konsep pengelolaan lingkungan belajar bagi anak merupakan salah
satu sumber belajar yang dapat di optimalkan untuk pencapaian proses dan hasil
pendidikan yang berkualitas bagi anak usia dini serta dapat mengoptimalkan
potensi panca indranya untuk berkomunikasi dengan lingkungan tersebut. Dalam
konsep pengelolaan lingkungan yang baik akan memungkinkan terjadinya proses
belajar yang lebih bermakna, dengan demikian diperlukan adanya kreatifitas dan
jiwa inovatif untuk anak didiknya, karena lingkungan yang kondusif merupakan
sumber belajar yang kaya dan menarik untuk anak-anak dan juga menjadi tempat
yang menyenangkan dan sangat berpengaruh terhadap perkembangan fisik,
ketrampilan sosial, dan budaya, perkembangan emosional serta intelektual.
BAB II
Pembahasan
1.
Penyediaan lingkungan belajar yang
kondusif di PAUD AN-NUR
Cara belajar dan
kebiasaaan belajar anak-anak paud AN-NUR sangatlah diperhatikan, berbagai macam
karakter anak dan rasa ingin tahu Mereka sangat tinggi, prilaku mengamati,
berinteraksi secara sosial, kebiasaan bertanya, dan keberanian mereka
menyampaikan berbagai jawaban. Kemampuannya dalam menyesuaikan pemahaman dengan
informasi baru perlu dirangsang dan dikembangkan oleh guru-guru mereka karna
mereka menyadari bahwa anak-anak itu adalah investasi yang harus dikembangkan
potensi yang anak-anak miliki.
Penyediaan
ligkungan belajar di PAUD AN-NUR sudah kondusif artinya lingkungannya sudah
sangat mendukung bagi perkembangan belajar anak didik di PAUD AN-NUR dalam
penyediaan lingkungan belajar di PAUD AN-NUR dilakukan melalui pertimbangan
yang matang, lingkungannya sistemis, tercerna, dan teratur yang disampaikan
dengan kondisi anak didik, dengan demikian mereka mengharapkan dampak yang
positif bagi perkembangan anak didik mereka secara optimal
2.
Konsep pengelolaan lingkungan belajar di
PAUD AN-NUR
Dalam
konsep pengembangan lingkungan belajar di PAUD AN-NUR sudah matang dan tercerna
mereka mempunyai program-program yang terstruktur dan telah di laksanakan
sesuai dengan harapan mereka, yaitu agar anak didik di PAUD AN-NUR dapat
berkembang dalam semua aspek seperti: sosial, emosional, kemandirian, bahasa
kognitif, fisik, motorik dan seninya, dan mereka mempunyai tujuan dalam
mendidik anak didik mereka seperti :
-
Mengenalkan peraturan dan menanamkan
disiplin anak.
-
Menumbuhkan sikap dan perilaku yang
baik.
-
Mengenalkan anak dengan lingkungan
-
Mengembangkan komunikasi dan
bersosialisasi dengan semua teman
-
Mengembangkan ketrampilan, kreatifitas,
dan kemampuan yang dimiliki anak didik mereka.
-
Yang terpenting menyiapkan anak untuk
memasuki pendidikan selanjutnya.
3.
Pengelolaan lingkungan belajar indoor di
PAUD AN-NUR
Pembelajaran
di PAUD AN-NUR di dasarkan pada kebutuhan-kebutuhan belajar anak,
pembelajarannya akan sangat tergantung pada pemahaman guru tersebut karena
pembelajaran di PAUD AN-NUR bersifat khas yang sesuai dengan karakteristik dan
kebutuhan anak tersebut.
Pembelajaran
di PAUD AN-NUR didukung pula dengan media-media sebagai alat atau sumber
belajar anak agar anak mudah mengerti dan memahami dari pembelajaran tersebut,
dan disesuaikan dengan tema-tema yang dilakukan pada hari itu, seperti tema
binatang maka anak tersebut dikenalkan dengan binatang, berceruta tentang
binatang dengan buku-buku cerita yang ada lingkungan belajar indoor yang ada di
PAUD AN-NUR banayak sekali misalnya alat-alat dengan seperti :
-
Balok-balok susun
Anak-anak di
ajak untuk bermain bola dengan mengenalkan bentuk-bentuk geonetri seperti
segitiga,segi empat, lingkaran, persegi panjang, ketupat, Jajaran genjang.
-
Bermain stempel warna
Anak di ajak
bermain dengan stempel misalnya dari pelepah pisang, buah belimbing, di belah
dan di celupkan kedalam pasta berwarna warni kemudian dicapkan di atas kertas.
-
Boneka-boneka jari
Biasanya boneka
ini di gunakan pada saat guru bercerita atau mendongeng.
-
Boneka binatang
Dengan boneka
binatang anak-anak di kenalkan macam-macam binatang.
Dengan media atau alat peraga tersebut akan mudah memberikan
pembelejaran kepada anak didiknya juga yang di sesuaikan dengan tema.
4.Pengelolaan lingkungan
belajar aut door di PAUD AN-NUR.
Biasanya pengelolaan lingkungan belajar aut door di lakukan
atau di laksanakan di luar kelas. Agar anak dapat bermain bebas dan dapat
mengembangkan metonik kasar. Sisi terbuka (aut door) terdiri atas alat-alat
permainanh yang meliputi : ayunan, jungkat-jungkit, panjatan, papan titian,
balok keseimbangan, trowongan, dan papan luncur.
Di PAUD AN-NUR setiap seminggu sekali anak didiknya di ajak
jalan-jalan sambil mengenal lingkungan yang ada di luar sekolahan mereka, agar
anak tidak merasa jenuh dan bosan bila belajar di dalam kelas, maka pengetahuan
danimajinasi anak akan berkembang.
Di PAUD AN-NUR sebelum masuk kelas anak-anak di ajak bermain
dulu di luar kelas seperti ; senam dengan nama music agar tubuh mereka menjadi
kuat dan sehat, dan berkembang pada fisik dan motorik anak.
5.Unsur-unsur yang
berperan penting dalam pengelolahan lingkungan belajar di PAUD AN-NUR.
Unsur-unsur yang berperan penting dalam pengelolahan
lingkungan belajar di PAUD AN-NUR meliputi :
a.
Peran fakta lingkungan dalam
pembelajaran lingkungn yang ada di sekitar PAUD AN-NUR juga merupakan sumber
belajar yang dapat di optimalkan untuk proses dan hasil pembelajaran, karna :
lingkungan tersebut menyediakan hal yang dapat di pelajari anak. Sumber belajar
di lingkungan mereka ini akan memperkaya wawasan dan pengetahuan anak karna
mereka belajar tidak hanya di dalam kelas di dalam ruangan saja.
b.
Strategi yang di gunakan dalam proses
belajar di luar kelas PAUD AN-NUR. Strategi pembelajarannya adaalah mengacu
pada bagaimana aktivitas guru mengajar dan aktivitas manak belajar. Beberapa
strategi pembelajaran yang tujuan di tempatkan oleh PAUD AN-NUR antara lain :
-
Strategi pembelajaran akan memfasilitasi
anak didik mereka belajar baik secara individual.
-
Strategi pembelajaran akan menambah anak
lebih semangat untuk belajar.
-
Strategi pembelajaran akan menumbuhkan
banyak kemampuan dan potensi yang di mulai anak didiknya.
Di PAUD AN-NUR mempunyai prinsip belajar yang di sampaikan
dengan karakteritis anak didiknya, misalnya :
1.Anak
belajar melalui bermain.
2.Anak-anak
belajar dengan cara membangun pengetahuannya.
3.Anak
belajar secara ilmiyah.
4.Anak
belajar dengan memperseimbangkan keseluruhan aspek perkembangan anak didiknya.
VISI DAN MISI
PAUD AN-NUR
Visi
:
Terselenggaranya layanan prima
pendidikan nasional untuk membentuk unsur yang memiliki iptek dan imtaq yang
unggul.
Misi
:
- Meningkatkan
ketersediaan dan keterjangkauan layanan pendidikan.
- Meningkatkan
kwalitas / mutu dan relevasi layanan
pendidikan.
- Meningkatkan
kepastian / keterjaminan memperoleh layanan pendidikan.
BAB
III
KESIMPULAN
1. Tujuan
pendidikan PAUD AN-NUR adalah member angsuran untuk membentuk pertumbuhan dan
perkembangan jasmani dan rohani anak didiknya agar anak memiliki kesiapan untuk
memasuki kesiapan memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.
2. Tujuan
pendidikan PAUD AN-NUR adalah membentuk anak didiknya untuk mengembangkan
berbagai potensi baik pisk dan fisik yang meliputi moral, nilai-nilai agama,
sosial, emosional, kogmisif, bahasa, fisik/motonik, dan seni.
3. PAUD
AN-NUR juga menerapkan strategi pembelajaran yang bertujuan untuk mendidik anak
didik mereka agar lebih mudah dalam menerima pembelajaran, mengembangkan
kemampuan atau potensi yang dimiliki anak didiknya.
0 komentar:
Posting Komentar